LOCAL AREA NETWORK CABLE TROUBLESHOOT


Pada suatu pagi yang dingin dan dingin, ku berangkat bekerja dengan semangat '45, walau hujan rintik-rintik menghadang, ku kipasi bara tekad tuk terus membara mengawali hari di suatu pagi yang dingin itu. (hayah, nulis opo kie..)

Sesampainya dikantor, ku sentuh dan ku tekan tombol power CPU, tak puas hanya satu tombol, ku sentuh dan ku tekan lagi tombol power monitor ku.. Sambil membetulkan posisi tempat dudukku ku ambil sebungkus rokok dari saku celana karena aku merasa ada yang mengganjal di pahaku, kuletakkan rokok itu diatas meja kerja, sambil mencari korek LPG kesayanganku, kemanakah gerangan korek berbahan bakar gas cair seharga Rp 1.500,00 itu ya? Wah.. aku ingat tadi ketinggal di tikar makan. Oh.. malangnya…

Setelah sekian lama aku amati, monitor dan CPU kok diam tanpa kata.. membisu tanpa suara.. tak hidup alias tak nyala.. Eh..!! ada apa lagi nih..?
Dengan rasa hati yang hambar.. Seperti layaknya dokter, aku me-diagnosis sebab-sebab komputerku ndak nyala..

Aku tengadah ke atas, lampu neon hidup, ku tengok ke kebelakang, AC juga hidup, aku simpulkan diagnosis awal, ion-ion masih berlompatan di jaringan kabel listrik kantorku..
Aku tengok ke bawah, wah.. ternyata UPS belum aku nyalakan…

Setelah komputer set ku menyala, ku buka mozilla browser, 
ku ketikkan kalimat facebook.com, dan ku tekan tombol enter, tuk.. itulah bunyinya..
akan tetapi, tiba-tiba mak jejengguk terpampang sesuatu di layar monitor kotak peringatan (lha ada gambar pentungannya) seperti di bawah ini :


Hayah…
Ada apa lagi ini…?
Hibu..
Tolongin aku…

Ternyata di pojok kanan bawah ada sesuatu seperti dibawah ini : 

Itu tampilan yang tidak aku harapkan, yang aku harapkan seperti yang dibawah ini :


Aku cari-cari sebabnya, ternyata kabel LAN nya ada yang mengusili.. ada yang menggrogoti..

 
Subhanallah… ternyata kabel tembaga putus digigit siti.. aku berfikir.. gigi si-tikus tuh terbuat dari apa? Semoga saja para peneliti di seluruh dunia baca postingan ku ini, jadi mereka bisa meneliti zat yang terkandung dalam gigi tikus. Siapa tau gigi tikus bisa digunakan sebagai bahan pembuat gunting kabel.. itu kan bisa menjadi penemuan terbesar abad ini.. wkekeke..


Tanpa panjang dikali lebar sama dengan luas, maka aku ambil kabel LAN yang teronggok tak berdaya..


Ku ambil tang khusus kabel LAN


Kabel kupotong ratusan milimeter panjangnya.. kluk..


Kuambil beberapa konektor LAN, (tapi yang dipasang cuma dua biji)


Ku kupas ujung kabel
Ternyata yang keluar Cuma pendek..


Kutarik lagi biar agak panjang..


Ku tata dan ku urutkan posisi kabel menurut warna yang kusuka..


Ku rata kan ujung kabel yang sudah ku urut kan dengan cara di potong, duooor.. (lho kok bunyinya duoor? Dikira-kira sendiri aja ya..)


Ku masukkan konektor


Ku dorong dan kutekan ke lubang tang LAN..


Trus aku tekan kedua kaki mulus tang, aku rapatkan, aku ulangi menekan beberapa kali sampai aku puas, setelah itu aku renggangkan kaki tang selebar-lebarnya, aku tarik konektor dari tang dan jadi dah..
Ku ambil sisi kabel yang lain, aku urut kan kegiatan dari awal, aku cocokkan urutan warnanya dengan sisi yang sudah terpasang konektornya....


Ambil tang dan lakukan seperti yang tadi…
Jadi dah..


Untuk sukses tidaknya perlu alat tester kabel LAN, ku ambil alatnya..


Kucolokkan kabel pada lubang yang sudah tersedia..


Posisikan tombol depan di posisi on,


Cek lampu, bila menyala berurutan dari 1 sampai 8, maka pemasangan bisa dikatakan SUKSES..

Tinggal pasang untuk menggantikan kabel yang rusak tadi, selesai deh..
Kalo aku ndak pengen repot, ku panggil aja instalator atou tukang pelihara jaringan LAN, tinggal siapin duit.. jadi juga deh…

Hehehe…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar